Hadits Tentang Gurah

Metode Gurah
August 25, 2020
Lendir Tenggorokan
August 26, 2020

Ada banyak metode pengobatan yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Salah satunya adalah pengobatan Gurah. Meskipun terkesan tradisional, namun metode pengobatan ini tetap memiliki relevansi yang besar dan tetap eksis di kalangan masyarakat saat ini.

Dari Ibnu Abbas ra bahwa Nabi Muhammad SAW pernah melakukan bekam dan memberinya upah kemudian melakukan Gurah (memasukan obat ke dalam hidung). (HR Bukhari)

Dalam hadits lainnya, telah berkata kepada kami Abdulloh bin Abi Syaibah, telah berkata pula kepada kami ‘Ubaidillah, telah mengabarkan kepada kami Isro’il dari Manshur, dari Kholid bin Sa’d berkata: kami bepergian dan bersama kami Gholib bin Abjar dan mengalami sakit ketika di perjalanan, dan sesampainya kami di kota Madinah beliau masih sakit, kemudian Ibnu Abi‘Atiq menjenguknya dan berkata kepada kami:

“Hendaknya kalian menggunakan habbatus sauda’(jinten hitam), lalu ambillah 5 atau 7 butir lalu tumbuklah sampai halus, kemudian teteskanlah ke hidungnya dengan beberapa tetes minyak pada bagian kanan dan pada bagian kiri.”

Leave a Reply

Biaya Sukarela
//]]>