Penyakit Asma
August 24, 2020
Hadits Tentang Gurah
August 25, 2020

nor

Metode pengobatan gurah berguna untuk mengeluarkan lendir beracun yang mengandung kuman penyakit. Metode ini digunakan dengan cara memasukan ramuan yang dapat berupa madu atau ramuan lainnya ke dalam hidung.

Ramuan ini akan merangsang saraf tubuh untuk bereaksi mengeluarkan lendir kotor melalui rongga hidung dan mulut dengan memakan waktu satu hingga dua jam sampai lendir-lendir kotor tersebut dapa dikeluarkan seluruhnya.

Pengobatan gurah memiliki manfaat dapat membantu suara menjadi merdu, kuat dan nyaring serta mampu mengatasi beragam penyakit seperti TBC, asma, pilek berkepanjangan, batuk berdahak, gangguan saluran penafasan dan gangguan pencernaan. Pengobatan gurah juga diyakini dapat mengobati gangguan sinus.

Dalam Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1076/Menkes/SK/VII/2003 tentang Penyelenggaraan Pengobatan Tradisional, gurah digolongkan dalam pengobatan tradisional ramuan. Gurah disejajarkan dengan jamu, tabib, shinshe, homoeopathy, aromatherapist, dan pengobat tradisional lain yang menggunakan metode sejenis.

Saat memasukan obat, pasien diminta tidur tengkurap dan mulailah lendir serta kotoran-kotoran keluar melalui hidung dan mulut. Pasien yang penyakitnya tidak terlalu parah, biasanya hanya mengeluarkan lendir berwarna bening.

Sedangkan pasien yang penyakitnya parah, biasanya mengeluarkan lendir berwarna keruh kehitam-hitaman, bahkan terkadang disertai binatang semacam ulat-ulat kecil. Setelah proses pengobatan selesai, kebanyakan pasien akan merasakan sensasi yang ringan pada pernafasan dengan dibarengi suara yang halus (tidak serak).

Leave a Reply

Biaya Sukarela
//]]>